Senin, 19 Desember 2016

Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

         Lampu flip flop yang dimaksud dalam tulisan mengenai cara membuat rangkaian lampu flip flop sederhana ini adalah lampu yang dapat menyala secara bergantian, alias kedap kedip seperti layaknya lampu hias yang banyak ditemukan pada pohon natal. Mungkin anda berpikir bahwa membuat rangkaian lampu flip flop ini sangatlah rumit. Namun ternyata, cara membuat rangkaian lampu flip flop sederhana ini tidaklah serumit yang anda bayangkan. Yang mungin anda butuhkan hanya ketelitian dan juga ketekunan dalam membuat sebuah rangkaian lampu flip flop.
Alat dan Bahan untuk Membuat Rangkaian Lampu Flip Flop Sederhana



Nah, sebelum anda membuat rangkaian lampu flip flop sederhana, maka ada beberapa alat dan juga bahan yang harus anda sediakan untuk membuatnya. Berikut ini adalah beberapa alat dan juga bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat rangkaian lampu flip flop :
1.       Lampu LED / Light Emitting Diode
2.       Dua buah resistor 470 ohm
3.       Dua buah resistor 100k Ohm
4.       Elco 10 uF / 16 V
5.       Transistor 2N3904 atau BC457 (TR)
6.    Sumber energy, seperti baterai ukuran 6 – 12 volt, bisa juga dengan menggunakan adaptor 12 Volt, sehingga bisa disambungkan dengan listrik di rumah
7.       Solder dan timah solder
8.       PCB sudah dibuat terlebih dahulu dengan pola yang ada
Selain itu, cara membuat rangkaian lampu flip flop sederhana yang sangat mudah ini
juga membutuhkan ketelitian dan juga ketekunan, juga sedikit ilmu mengenai elektronika.
Langkah Membuat Rangkaian Lampu Flip Flop Sederhana


Setelah mempersiapkan alat dan juga bahan – bahannya, maka saatnya anda mulai membuat rangkaian lampu flip flop sederhana tersebut. Berikut ini adalah urutan cara membuat rangkaian lampu flip flop sederhana :
1.   Pertama, anda harus membuat PCB nya terlebih dahulu. Anda bisa mencetak pola rangkaian yang sudah ada ke dalam PCB. Anda bisa memperoleh pola PCB untuk lampu flip flop dengan mudah, dan anda hanya tinggal mencetaknya saja.
2.    Setelah selesai dengan PCB, maka anda kemudian harus memasangkan bahan – bahan yang sudah disiapkan tadi sesuai dengan lokasi di PCB yang sudah dicetak. Pengalaman, ketekunan, dan juga pemahaman mengenai bidang elektronika sangat dibutuhkan pada tahap nomor dua ini.
3.       Setelah semua terpasang pada PCB, dan sudah benar posisinya, maka anda tinggal menyolder seluruh rangkaian. Hati – hati dalam menyolder, karena berbahaya apabila terkena tangan ataupun benda – benda yang mudah rusak, seperti plastik. Kesabaran dan juga ketelitian sangat dibutuhkan pada tahap ini, untuk memastikan bahwa semua komponen sudah berhasil terpatri dengan sempurna dan tidak goyang ataupun menempel dengan kaki – kaki komponen yang lain.
4.     Sambungkan sumber listrik, berupa baterai ataupun adaptor dengan rangkaian yang sudah anda buat tadi. Apabila anda benar dalam merangkai komponen, maka lampu flip flop anda akan menyala secara bergantian.
Bagaimana? Mudah bukan dalam membuat rangkaian lampu flip flop sederhana ini? Apabila anda cukup mengerti elektronika, maka membuat lampu flip flop sederhana ini bisa anda lakukan dengan mudah, dan bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti lampu hias misalnya. Bagi anda yang belum paham elektronik pun, anda juga bisa mempelajari cara membuat rangkaian lampu flip flop sederhana ini lebih mendalam lagi, supaya anda bisa berkreasi sendiri di rumah.

1 komentar: